Indonesia vs Filipina: Jaga Stamina dan Jangan Lengah

Timnas Indonesia tidak punya pilihan selain wajib menang pada laga kedua Piala AFF 2016 melawan Filipina, Selasa (22/11) malam ini di Stadion Olahraga Filipina. Kemenangan dibutuhkan tim Garuda jika ingin menjaga kans lolos ke fase berikutnya karena sebelumnya menelan kekalahan 2-4 pada pertandingan perdana melawan Thailand. Sementara Filipina gagal menuai poin penuh saat menjamu Singapura dan harus bermain imbang tanpa gol.
Pelatih Alfred Riedl sudah mengamati bagaimana tim berjuluk Azkals itu bermain. Pantauan Riedl berdasarkan laga Filipina melawan Singapura, di mana skor berakhir sama kuat tanpa gol.
“Setiap tim sulit dihadapi dan mereka punya gaya yang berbeda dari Thailand. Banyak tim, termasuk mereka yang mengandalkan kontak fisik serta umpan-umpan direct,” beber Riedl dilansir Goal Indonesia, Senin (21/11).
“Tentu itu jadi hal yang sulit untuk dihadapi dan kami akan coba mengatasi itu untuk memenangi laga selanjutnya, tentu kami akan berusaha memenangi laga selanjutnya,” tukas mantan juru taktik Vietnam tersebut.
Dua tahun lalu, timnas Indonesia jadi bulan-bulanan Filipina di fase grup, dengan menelan kekalahan 4-0. Riedl menegaskan hal itu takkan kembali terjadi karena kondisi tim saat ini berbeda dengan Piala AFF 2014.
“Pada 2014 tim saya sangat lemah soal fisik karena mereka menjalani kompetisi yang panjang. Filipina sendiri memiliki pemain yang lebih pintar dari kami, punya kualitas yang lebih bagus dan kami akui itu. Tapi saat ini sesuatu sudah berbeda,” ujar Riedl beralasan.
Sementara itu pengamat sepakbola Tommy Apriantono berharap kewajiban menang tidak membuat para pemain Indonesia panik. Jika hanya mampu meraih hasil imbang, peluang memang belum tertutup tapi akan terlalu riskan dan bergantung hasil pertandingan tim lain.
Kuncinya tinggal timnas Garuda harus menjaga ritme permainan sampai peluit akhir ditiupkan dan jaga fisik. Jangan lengah dan meremehkan tim lawan. Saya melihat peluang kita masih ada bila melihat gaya permainan pada waktu laga pertama kemain. Mudah-mudahan kita bisa mengatasi Filipina namun hanya menang tipis, katanya ketika dihubungi SP, Senin (21/11) malam.
Anton menyakni Boaz Solossa dan kawan-kawan termotivasi untuk memberikan yang terbaik dalam pertandingan kedua nanti untuk meraih poin penuh, apalagi sang pelatih Indonesia, Alfred Riedl sudah memahami gaya permainan tim lawan yang berjuluk The Azkals tersebut.
Ia juga menilai lini pertahanan timnas Indonesia kurang begitu bagus. pemain belakang harus bisa lebih rapat lagi jika ingin mengamankan tiga poin dan meminimalisir kesalahan yang tidak penting. Sementara lini depan, dinilai sudah bagus dan harus dibantu sodoran bola dari lini tengah. Meski bermain di kandang lawan dengan dukungan penonton, mental tim Garuda harus tetap kokoh dan tak boleh tergoyahkan.

Iman Rahman Cahyadi/Hendro D Situmorang/CAH
Beritasatu.com/Suara Pembaruan

linux-tube.com prediksi hk hari ini Sumber: BeritaSatu